Background Image

Blog Post

Jun 30

Asian Youth Day


Mungkin banyak yang masih bertanya-tanya, ada apa di paroki Pati kemarin kok meriah sekali menyambut salib AYD. Apa to AYD itu? Kok sampai ada kirab salib estafet dari paroki-paroki, sampai di Pati juga dikirab ke Tayu, Langse, Gabus, Juwana...

AYD atau Asian Youth Day, diterjemahkan senagai Hari Orang Muda Asia, adalah perjumpaan OMK se-Asia. Acara yang diadakan tiga tahunan dan dihadiri sekitar 2000 sampai 3000 OMK dari berbagai negara Asia ini digagas oleh pembina OMK se-Asia dan disetujui oleh Federasi Konferensi Uskup-uskup Asia (FABC).

AYD sudah diadakan di 6 negara Asia, dan tahun 2017 nanti di Indonesia sebagai AYD ke 7. 

  1. Pertama kali diadakan di Keuskupan Hua Hin Thailand tahun 1999 dengan tema “Asian Youth Journeying with Jesus Towards the Third Millenium” (OMK Asia berjalan bersama Yesus menyonsong Millennium III)
  2. AYD kedua pada tahun 2001 diadakan di Keuskupan Taiwan di kota Taipei, bertema “We are called to Sanctity and Solidarity” (Kita dipanggil kepada Kekudusan dan Solidaritas)
  3. AYD ketiga diadakan di Keuskupan Bangalore, India tahun 2005 dengan tema “Asian Youth for Peace” (OMK Asia Untuk Perdamaian)
  4. AYD keempat tahun 2006 di Keuskupan Hongkong, dengan tema “Asian Youth, Hope of Asian Families” (OMK Asia, Harapan Keluarga-keluarga Asia)
  5. AYD kelima pada tahun 2009 di keuskupan Imus, Filipina dengan tema “YAsia Fiesta: Young Asians Come Together Share the Word, Live the Eucharist” (Pesta OMK Asia: OMK Asia, datanglah bersama-sama, berbagi Sabda, Hayati Ekaristi).
  6. AYD keenam pada tahun 2014 di Keuskupan Daejeon, Korea, bertema “Wake Up Asian Youth! The glory of the Martyrs shines on you” (OMK Asia, Bangunlah, Kemuliaan para martir bersinar atas kalian).
  7. AYD kejuh direncanakan tahun 2017 di Keuskupan Agung Semarang khususnya kota Yogyakarta dan sekitarnya. Tema yang digagas adalah “Joyful Asian Youth! Living the Gospel in Multicultural Asia” (Sukacita OMK Asia! Menghidupi  Injil di Asia yang Majemuk).

AYD terdiri dari 3 acara besar yaitu:

1.  Days in the Dioceses (DITD)

DITD diadakan 3-4 hari dimana peserta AYD tinggal (live in) di keuskupan-keuskupan di Negara tuan rumah. Peserta datang dan langsung dibawa live in di keuskupan-keuskupan yang telah ditentukan untuk DITD. Di keuskupan-keuskupan inilah peserta belajar sekaligus memberikan pengalaman iman. Kedekatan sebagai satu Katolik mulai terbangun. Berbagai kegiatan pun semakin menyatukan. Ada perayaan Ekaristi bersama, doa bersama, festival dan lain-lain. Orang Muda hadir dalam realitas kehidupan umat beriman dan merasakan langsung kehidupan saudara-saudarinya di Negara yang berbeda.

2. Days in AYD’s Venue

Acara ini diadakan selama 3- 4 hari. Semua Peserta DITD menuju ke satu tempat dimana diselenggarakan AYD. OMK yang tersebar di berbagai keuskupan berkumpul bersama. Disini OMK mengikuti upacara pembukaan dan berbagai kegiatan misalnya sharing, refleksi, festival, Ekaristi, sakramen tobat, devosi, prayer, dll.. Orang muda meneguhkan orang muda. Orang muda berbagi untuk orang muda. Pada acara ini juga akan diumumkan Negara penyelenggara berikutnya.

3. Asian Youth Ministers’ Meeting (AYMM)

Acara AYMM diselenggarakan selama 3 hari. Acara ini khusus bagi para Pembina OMK negara-negara Asia. Pesertanya yakni para uskup, pastor, awam yang terlibat dalam komisi kepemudaan tingkat nasional. Dibawah koordinasi Federasi Uskup-uskup se-Asia (FABC) (Kantor Awam dan Keluarga (Office Laity and Family), bagian Kepemudaan (Youth Desk)) membahas evaluasi AYD, dan arah pembinaan OMK se-Asia.

Sungguh suatu kehormatan dan berkat karena Keuskupan Agung Semarang telah ditunjuk KWI sebagai tempat penyelenggaraan AYD 2017.

Tim dana AYD juga telah mempersiapkan penggalangan dana melalui penyebaran voucher Peduli Kasih AYD. Administrator Diosesan KAS, romo FX. Sukendar W, Pr juga telah secara khusus meminta JARKOD KAS untuk berperan dalam penyebaran voucher ini.

Demikian sedikit informasi mengenai AYD. Mari kita dukung AYD 2017 sebagai tuan rumah yang baik, berdoa bagi para orang muda sebagai masa depan laskar Kristus.

Tuhan memberkati kita semua.

          

(dikutip dari asianyouthday.org/id dan berbagai sumber)

Back   
 
Add Comment:
Please login or register to add your comment or get notified when a comment is added.